KOLABORASI MAHASISWA PGPAUD DALAM PENELITIAN DOSEN 2022

Pada tahun 2022 Program Studi PG PAUD melakukan sebuah transformasi akselerasi dalam bidang penelitian. Ada nuansa baru dalam penelitian kali ini, program studi PG PAUD berkolaborasi dengan mahasiswa sebagai research group. Upaya ini sebagai bentuk tanggung jawab prodi dalam menyiapkan mahasiswa yang mampu berdaya saing menjawab kebutuhan era revolusi 4.0 yang sebentar lagi akan memasuki era revolusi 5.0. 

Ketua peneliti Beatriks N. Bunga, S.Si-Teol., M.A. mengungkapkan tema besar penelitian tahun ini adalah terkait dengan kesiapan sekolah di daerah rentan di provinsi NTT. Penelitian ini sepenuhnya didanai oleh FKIP Undana.

Lebih lanjut Beatriks mengemukakan, pemilihan teman tersebut didasari sebuah keresahan dan kemelut hati melihat wajah Pendidikan di NTT.  NTT   merupakan   salah   satu   provinsi   dengan   jumlah   lingkungan   rentan   cukup   tinggi. Lingkungan rentan dapat mempengaruhi bagaimana orang tua melakukan pengasuhan dan mempersiapkan   anak   ke   sekolah   dasar.   Penelitian   ini   bertujuan   untuk   menggambarkan pengalaman   orangtua   di   lingkungan   rentan   dalam   mempersiapkan   sekolah. 

Dalam kesempatan yang sama  korlap Engelbertus Nggalu Bali, M.Pd dan Irul Khotijah, M.Pd, dengan nada yang sama mengungkapkan, Pemilihan partisipan   akan   dilakukan   berdasarkan   teknik purposive   sampling yaitu   orangtua   yang memiliki anak usia 6-8 tahun di lingkungan rentan di NTT. Lingkungan rentan dibatasi pada Kabupaten Kupang. Kabupaten Kupang adalah kabupaten terluas di provinsi NTT dengan angka daerah rentan yang tinggi. Penelitian ini diharapkan akan memberi gambaran tentang kondisi   kesiapan   sekolah   anak   dan   dapat   menjadi   bahan   referensi   pemangku   kebijakan untuk   memberikan   program-program   demi   mendukung   tercapainya   perkembangan   anak yang maksimal.

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Amfoang selatan dan di Kupang timur. Merupakan pengalaman pertama yang dirasakan oleh mahasiswa Eno Benu, Ayu dan Felixia dalam berkolaborasi dalam kegiatan penelitian. Kesempatan ini mereka memanfaatkan dengan baik sehingga Langkah awal dalam mempersiapkan diri menyelesaikan tugas akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *