BERBAGI PRAKTIK BAIK: PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) DENGAN SELURUH SEKOLAH SD PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP) KOTA KUPANG

“Tidak ada Inovasi Tanpa Kolaborasi”

Sabtu 17 September 2022, program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi PGPAUD, dan Bimbingan Konseling berkolaborasi dalam menyelenggarakan kegiatan PKM. Kegiatan PKM yang diselenggarakan melibatkan 2 orang mahasiswa dari prodi Pendidikan Fisika a. n. Alfani Kareri Hara dan Urbanus Mona.

Adapun tema yang diusung oleh penyelenggara kegiatan adalah “Pembelajaran Diferensiasi Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak”. Kegiatan tersebut diselenggarakan di SD Inpres Liliba Kota Kupang. Ketua Panitia Ibu. Kadek Ayu Astiti, M. Pd (Prodi Pendidikan Fisika) mengungkapkan;keselurahan dana dalam penelitian ini dibiayai oleh LP2M UNDANA. Peserta kegiatan PKM dalam kegiatan PKM adalah seluruh sekolah yang masuk dalam program sekolah penggerak Angkatan I kota Kupang. Kegiatan PKM ini merupakan sebagai bentuk kepedulian kami sebagai dosen FKIP Undana dalam mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tema tentang Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan sebagai upaya dalam mentransformasi akselerasi peningkatan kualitas Pendidikan di NTT, lebih khusus di kota kupang dalam mewujudkan Visi Pendidikan Indonesia Maju (Kata Ketua Panitia).

Dalam sambutannya Ketua LP2M Undana Dr. Ir. Damianus Adar, M. Sc mengungkapkan, terimakasih kepada seluruh peserta kegiatan dari seluruh SD program sekolah penggerak. Undana senantiasa membuka diri dalam membangun kolaborasi dalam menghasilkan inovasi. Kehadiran Dosen FKIP Undana hari ini semoga memberikan dan mendekatkan pemahaman terkait pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. LP2M Senantisa memberikan dukungan kepada dosen dalam mendukung seluruh stakeholders mewujudkan merdeka belajar.

Kepala sekolah SDI Inpres Liliba dalam nada penuh kebahagiaan, menyampaikan rasa syukur karena LP2M Undana berkolaborasi dengan dosen dalam penyelenggaraan kegiatan PKM. Kami sangat senang karena tema yang dipilih penyelenggara menjawab kebutuhan pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Semoga kolaborasi baik ini menjadi langkah awal dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

            Kegiatan PKM dimaksud memilih tiga materi dalam mendorong transformasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya; Merdeka Belajar dan Kurilum Merdeka; materi tersebut disampaikan oleh dosen Prodi PGPAUD a.n Engelbertus Nggalu Bali, M.Pd yang juga sebagai fasilitator program sekolah penggerak. Materi ini memuat terkait hal substantif dan teknis kurikulum merdeka belajar fokus pada level SD.  Materi kedua tentang Disiplin positif yang dibawakan oleh dosen BK a.n Putu Agus Indrawana, M.Pd. Hal penting dari materi tersebut, tentang bagaimana mendukung implementasi merdeka belajar dengan integrasi disiplin positif. Harapannya materi tersebut mendorong guru untuk mendesain kegiatan dengan mengurangi perundungan baik yang dilakukan pendidik terhadap siswa, maupun dilakukan siswa terhadap teman sebaya. Materi ketiga disampaikan tentang Pembelajaran diferensiasi yang disampaikan oleh dosen Pendidikan Fisika a.n Kadek Putu Astiti, M.Pd. Materi ini memuat terkait dengan bagaimana kurikulum merdeka belajar mendorong pendidik dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, potensi, karakteristik siswa. Atas nama ketua panitia Kadek Ayu Astiti, M. Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh ekosistem yang sudah mengambil bagian dalam seluruh rangkaian kegiatan PKM; Kepala Sekolah dan Pendidik SDI Liliba dan kepada seluruh SD yang bergabung dalam program sekolah penggerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *